Langsung ke konten utama

Sejarah Munculnya Bitcoin dan Harga Pertamanya

 


Bitcoin merupakan perkembangan dari uji coba penciptaan mata uang digital era 90-an. Belasan tahun perkembangan mata uang digital mengalami kebuntuan dan di tahun 2009 barulah Bitcoin lahir.

Bitcoin muncul dalam sebuah transaksi di internet pada Januari 2009. Transaksi dilakukan oleh oleh sekelompok pengembang yang memakai nama Satoshi Nakamoto dengan seorang pengguna bitcoin. Sebelumnya, Bitcoin telah dirilis pada 2008 dan baru dikenal sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun berikutnya.

Bagi kamu yang sedang mencari informasi dan ingin mengenal Bitcoin, berikut penjelasan bagaimana awal mula Bitcoin muncul hingga menjadi koin crypto termahal.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara elektronik. Sebagai mata uang digital, Bitcoin tidak memiliki wujud fisik. Tidak ada otoritas yang mengatur atau badan terpusat yang mengendalikannya. Merujuk pada buku ‘Bitcoin From Beginner To Expert’, Bitcoin terdesentralisasi sehingga tidak dikendalikan oleh satu entitas.

Teknologi blockchain atau sistem jaringan digunakan untuk memverifikasi seluruh transaksi. Aktivitas tersebut dicatat pada public ledger atau buku besar publik yang transparan dan aman serta langsung dikenali

Sejarah Bitcoin

Bitcoin lahir dari gagasan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Satoshi Nakamoto. Ia membuat penelitian berjudul "Bitcoin: A Peer to Peer Electronics Cash System" yang diunggah ke forum diskusi kriptografi. Tak lama setelah itu, Nakamoto secara resmi merilis mata uang Bitcoin ke publik. Kemunculan Bitcoin memicu lahirnya mata uang digital lain.

Berdasarkan buku ‘The Bitcoin Genesis’, sejarah Bitcoin berawal pada bulan November 2008. Muncul kebingungan tentang pengertian Bitcoin dan bagaimana seharusnya menggunakannya. Setelah periode beta, program tersebut disempurnakan agar lebih mudah dipahami dalam penggunaanya. Pada tahun 2009, Bitcoin dirilis kepada komunitas internet dengan klaim dapat digunakan untuk membayar secara anonim.

Berdasarkan buku Bitcoin, Blockchain & Cryptocurrency : A Complete Guide, Satoshi mengirim Bitcoin kepada Hal Finney, sesama penggemar kriptografi. Transaksi tersebut sukses dan fenomenal. Bitcoin pun mulai dikenal masyarakat.

Catatan Waktu Perjalanan Bitcoin

Sebelum menyandang status mata uang digital paling mahal dan populer saat ini, Bitcoin terlebih dahulu melewati proses panjang. Berikut adalah catatan waktu perjalanan Bitcoin dari masih sebuah konsep hingga menjadi sangat populer.

-          18 Agustus 2008, setahun sebelum Satoshi Nakamoto merilis penelitiannya ke publik, dia mendaftarkan domain bitcoin yakni bitcoin.org pada 18 Agustus 2008.

-          31 Oktober 2008, dua bulan kemudian, Satoshi Nakamoto menyebarkan penelitiannya di milis pegiat kriptografi metzdowd.com. Di milis itu, Nakamoto menuliskan sebuah pesan.

"Saya telah mengerjakan sistem kas elektronik baru yang sepenuhnya peer to peer, tanpa pihak ketiga yang terpercaya. Penelitian terkait hal itu telah diterbitkan di bitcoin.org dengan judul 'Bitcoin: A Peer to Peer Electronic Cash System.

-          3 Januari 2009, merupakan hari saat Bitcoin pertama kali ditambang. Dalam dunia Bitcoin hal ini dikenal dengan sebutan Blok 0 atau Blok Genesis.

-          8 Januari 2009, Software atau perangkat lunak pertama khusus Bitcoin diumumkan di milis pegiat kriptografi.

-          9 Januari 2009, Bitcoin blok 1 mulai ditambang.

Sejak mulai dipergunakan sebagai alat tukar, harga awal Bitcoin tak lebih dari US$ 1 per keping. Dengan kurs rata-rata pada masa itu, harga 1 keping BTC berada pada angka Rp. 14.000. Nilainya sedikit naik pada 2012 yaitu sekitar US$ 5-7 per keping. Pergerakan harga Bitcoin dari tahun ke tahun terus meningkat.

Pada 2013, nilainya sempat melonjak dari US$100-1.000 per keeping dalam waktu satu bulan. Namun pada 2005 kembali turun hingga US$ 200. Setelah 2015, harga perkeping menanjak drastis hingga mencapai US$ 19.000.

Meskipun sangat fluktuatif, kini banyak orang tertarik untuk berinvestasi pada Bitcoin. Seperti aksi salah satu orang terkaya di dunia yaitu Elon Musk yang membeli Bitcoin setelah berbalas cuitan dengan Michael Saylor, CEO MicroStrategy. Diketahui bahwa harga tertinggi Bitcoin pernah mencapai US$ 63.000 atau sekitar Rp. 931 juta per keeping di tahun 2021.

Itula penjelasan tentang Bitcoin dan sejarah panjangnya sebagai mata uang digital. Sebelum terjun ke dunia cryptocurrency, ada baiknya kamu mengenal Bitcoin terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berniat Investasi Crypto? Berikut 6 koin Crypto Terbaik 2022

  Beberapa tahun belakangan, investasi crypto berkembang dengan begitu pesat. Uang crypto kini menjadi portofolio investasi pilihan baru bagi sejumlah investor. Return mata uang crypto yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu asset investasi paling menjanjikan pada saat ini. Pengertian Crypto Crypto merupakan mata uang digital yang terenkripsi dengan logaritma canggih untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara online. Hal ini membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara sehingga lebih praktis dan aman. Cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang punya sandi rahasia yang rumit. Sandi rahasia yang digunakan bertujuan untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang ini. Karakteristik Cryptocurrency Untuk lebih mudah memahami cryptocurrency , pahami karakteristiknya berikut ini : 1.       1. Digital : crypto merupakan uang digital yang tidak memiliki wujud nyata seperti uang koin atau kertas 2

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia

Apa itu uang kripto? Uang Kripto (Cryptocurrency) adalah sejenis mata uang yang sangat populer 10 tahun terakhir ini. Terdapat banyak jenis mata uang kripto yang tesebar luas di dunia. Mata uang virtual ini semakin semakin ramai dikenal masyarakat luas, terlebih saat sumbangan kripto yang diterima Ukraina di tengah konfliknya dengan Rusia. Aset digital ini dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan teknologi tersembunyi atau rahasia. Fitur utama dari mata uang kripto yakni tidak dikeluarkan oleh otoritas mana pun, sehingga menjadikanny kebal terhadap campur tangan pemerintah. Apa itu uang kripto? Berdasarkan namanya, Criptocurrency berasal dari kata Kroptografi yang artinya rahasia dan Kurs (Currency) yang artinya mata uang. Jadi, mata uang kripto adalah aset virtual yang dilindungi oleh sandi-sandi rahasia yang cukup rumit demi menjaga dan melindungi keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan, hingga memverifikasi transfer aset.

Keunggulan dan Kelemahan Bermain Crypto

Sejak dulu, permainan saham sudah ada dan beberapa kalangan sudah bergelut didalamnya. Namun keterbatasan biaya, tidak semua bisa melakukan investasi dalam bentuk saham. Beberapa tahun belakangan ini, permainan saham kembali menjadi buah bibir. Karena penawaran yang diberikan sangat jauh berbeda dibandingkan dulu, salah satunya adalah cryptocurrency. Cryptocurrency mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena hanya dengan modal minim, calon investor sudah bisa ikut melakukan investasi dengan hasil yang cukup besar. Akan tetapi tidak sedikit pula kasus penipuan berkedok investasi saham yang bermunculan, yang membuat beberapa orang masih bimbang dalam mengambil keputusan, apakah akan melakukan investasi di Crypto atau tidak. Sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melihat keunggulan dan kelemahan bermain crypto berikut ini. Tapi sebelum dilanjut, apakah kamu sudah mengenal cryptocurrency? Jika belum, yuk disimak penjelasan singkat berikut. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang vis