Langsung ke konten utama

Mengenal Ethereum dan Cara Kerjanya



Bulan januari lalu, masyarakat sempat dihebohkan dengan kabar Ghozali Everyday yang mendapatkan keuntungan miliaran rupiah dari akun NFT atau Non Fungible Token miliknya. 

Mahasiswa bernama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali menjual foto selfienya yang dia ambil setiap hari mulai dari tahun 2017 hingga 2021 sebagai aset NFT di marketplace OpenSea.


Aset NFT-nya dijual dengan menggunakan pembayaran ETH (Ethereum). Kalau kamu masih baru didunia cryptocurrency mungkin kamu akan bingung dengan kata Ethereum. Dibawah ini kita akan bahas bersama-sama apa itu Ethereum.

Apa itu Ethereum?

Ether adalah mata uang kripto yang berasal dari open-source berbasis blockchain, Ethereum. Ethereum ini menjadi platform perangkat lunak terdesentralisasi yang juga menciptakan mata uang kripto Ether (ETH).


Ethereum resmi diluncurkan pada tahun 2015, memungkinkan Smart Contracts and Distributed Applications (DApps) bisa berjalan tanpa batas waktu (downtime), kontrol, penipuan dan gangguan pihak ketiga.


Awal Mula Kemunculan Ethereum

Di tahun 2013, salah satu pendiri Bitcoin Magazine, Vitalik Buterin, merilis laporan resmi tentang pengusulan implementasi blockchain baru yang lebih fungsional. Proposal tersebut menjadikan cikal bakal munculnya Ethereum blockchain.


Pada akhirnya, Ethereum Foundation diciptakan setelah berhasil menarik minat banyak orang dan mendapatkan banyak dukungan teknis serta keuangan. Ethereum Foundation adalah organisasi nirlaba dari Swiss yang mulai menjadi pengembang Ethereum.


Pada tahun 2014, penjualan Ether mulai mendapatkan respons yang sangat luar biasa. Ether digunakan untuk berbagai tujuan seperti diperdagangkan sebagai mata uang digital di cryptocurrency dan digunakan untuk menjalankan aplikasi serta memonetisasi pekerjaan.


Pada tahun 2015, mata uang kripto bernama Ether atau disingkat ETH mulai diperdagangkan, tepatnya pada 7 Agustus 2015. Saat itu, harga ETH adalah US$2,83 atau sekitar Rp 41 ribu lebih per kepingnya.


Tahun 2016, Ethereum terpecah menjadi dua blockchain, Ethereum dan Ethereum Classic. Hal tersebut disebabkan karena terjadi pencurian dana yang sudah dikumpulkan sebanyak US$50 juta. Oleh karena itu, dibentuklah Ethereum baru dengan keamanan yang lebih kuat.


Ethereum pun mulai banyak diminati pada tahun 2017. Karena saat itu, initial coin offering atau penerbitan koin perdana (ICO) menjadi lebih populer. Harga ETH ketika ICO sedang di puncak popularitasnya, bisa mencapai US$1.200 per keping.

Cara Kerja Ethereum

Mata uang digital Ethereum menggunakan konsep transaksi terdesentralisasi atau decentralized application (DApps). Ethereum ini bekerja sebagai platform di mana nantinya semua orang bisa mengunggah kode yang disebut smart contract.

Siapa pun bisa menerbitkan smart contract dan mengirim transaksi. Singkatnya, Ethereum dan smart contract ini seperti program komputer yang berjalan secara otomatis sesuai dengan perintah yang ada di dalam kontrak.

Penggunaan fitur smart contract ini cenderung lebih murah untuk dieksekusi dan lebih aman, karena di program tidak ada pengawasnya.

Ethereum ini sama dengan mata uang kripto lainnya, di mana sama-sama menggunakan teknologi blockchain. Di blockchain, segala transaksi Ethereum akan diverifikasi dan dicatat pada public ledger atau buku besar yang transparan dan tentunya aman.

Untuk bisa diperjualbelikan, mata uang Ether atau ETH ini harus melalui proses mining, proses menambahkan transaksi ke blockchain agar semua orang bisa menyetujui rangkaian transaksinya.

ETH ini sebagai mata uang digital dapat digunakan untuk bertransaksi atau untuk berinvestasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berniat Investasi Crypto? Berikut 6 koin Crypto Terbaik 2022

  Beberapa tahun belakangan, investasi crypto berkembang dengan begitu pesat. Uang crypto kini menjadi portofolio investasi pilihan baru bagi sejumlah investor. Return mata uang crypto yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu asset investasi paling menjanjikan pada saat ini. Pengertian Crypto Crypto merupakan mata uang digital yang terenkripsi dengan logaritma canggih untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara online. Hal ini membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara sehingga lebih praktis dan aman. Cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang punya sandi rahasia yang rumit. Sandi rahasia yang digunakan bertujuan untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang ini. Karakteristik Cryptocurrency Untuk lebih mudah memahami cryptocurrency , pahami karakteristiknya berikut ini : 1.       1. Digital : crypto merupakan uang digital yang tidak memiliki wujud nyata seperti uang koin atau kertas 2

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia

Apa itu uang kripto? Uang Kripto (Cryptocurrency) adalah sejenis mata uang yang sangat populer 10 tahun terakhir ini. Terdapat banyak jenis mata uang kripto yang tesebar luas di dunia. Mata uang virtual ini semakin semakin ramai dikenal masyarakat luas, terlebih saat sumbangan kripto yang diterima Ukraina di tengah konfliknya dengan Rusia. Aset digital ini dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan teknologi tersembunyi atau rahasia. Fitur utama dari mata uang kripto yakni tidak dikeluarkan oleh otoritas mana pun, sehingga menjadikanny kebal terhadap campur tangan pemerintah. Apa itu uang kripto? Berdasarkan namanya, Criptocurrency berasal dari kata Kroptografi yang artinya rahasia dan Kurs (Currency) yang artinya mata uang. Jadi, mata uang kripto adalah aset virtual yang dilindungi oleh sandi-sandi rahasia yang cukup rumit demi menjaga dan melindungi keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan, hingga memverifikasi transfer aset.

Keunggulan dan Kelemahan Bermain Crypto

Sejak dulu, permainan saham sudah ada dan beberapa kalangan sudah bergelut didalamnya. Namun keterbatasan biaya, tidak semua bisa melakukan investasi dalam bentuk saham. Beberapa tahun belakangan ini, permainan saham kembali menjadi buah bibir. Karena penawaran yang diberikan sangat jauh berbeda dibandingkan dulu, salah satunya adalah cryptocurrency. Cryptocurrency mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena hanya dengan modal minim, calon investor sudah bisa ikut melakukan investasi dengan hasil yang cukup besar. Akan tetapi tidak sedikit pula kasus penipuan berkedok investasi saham yang bermunculan, yang membuat beberapa orang masih bimbang dalam mengambil keputusan, apakah akan melakukan investasi di Crypto atau tidak. Sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melihat keunggulan dan kelemahan bermain crypto berikut ini. Tapi sebelum dilanjut, apakah kamu sudah mengenal cryptocurrency? Jika belum, yuk disimak penjelasan singkat berikut. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang vis