Langsung ke konten utama

Mengenal Cardano Coin Salah Satu Mata Uang Crypto

Jika kamu termasuk orang yang suka menanam saham di Crypto kamu pasti tidak asing lagi dengan mata uang ini.

Ya, Cardano coin merupakan salah satu mata uang Crypto yang sering disimbolkan dengan huruf ADA. Namun, ada sebagian orang masih belum memahami tentang mata uang yang satu ini.

Untuk itu, saya akan membahas mengenai pengertian dan cara kerja dari jenis mata uang Crypto yang satu ini.

Pengertian dan Sejarah Cardano (ADA)

Cardano (ADA) adalah blockchain yang merupakan generasi ketiga setelah Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang telah menggunakan teknologi proof-of-stake (PoS).

Cardano (ADA) dirancang untuk menjadi alternative dalam jaringan Proof of Work (PoW). Selain itu, mata uang ini dibuat dengan tujuan sebagai pemberi fasilitas transaksi peer-to-peer dengan cryptocurrency.

Cardano didirikan oleh Charles Hoskinson yang juga merupakan pendiri Ethereum, pada tahun 2015. Kemudian, dikembangkan oleh Yayasan Cardano yang berada di Negara Swiss tepatnya di kota Zug.

Cardano dilahirkan dari sebuah tim yang didalamnya terdapat pendiri Ethereum bersama sahabatnya yang bernama Vitalik Buterin dan Jeremy Wood.

Mata uang Crypto ini petama kali diluncurkan pada tahun 2017 di sebuah platform. Platform ini bernama Gerolamo Cardano, sedangkan sebutan cryptocurrency dinamai oleh Ada Lovelace.

Dengan kata lain, Carnado merupakan coin yang memiliki usia jauh lebih muda dari pada Bitcoin ataupun Ethereum.

Sama seperti Ethereum, Cardano adalah sebuah platform smart contract yang berfokus pada keamanan melalui kerangka desain yang berlapis.

Pembangunan Cardano dapat dibilang cukup unik karena dibangun atas dasar filosofi ilmiah dan riset akademik.

Pada tahun 2022, Cardano masuk kedalam kategori investasi yang baik. Bahkan kurang lebih 10 dolar AS telah memutuskan memasukkan investasi ke dalam Carnado.

Harga Carnado berkisar Rp 17,080.71 IDR dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 30,196,325,680,940 IDR.

Cara Kerja Cardano (ADA)

1. Proof of Stake (PoS)

Sistem Proof of Stake membutuhkan seorang validator yang dipilih oleh jaringan yang jumlahnya tergantung pada banyak aset ADA yang mereka miliki.

Jika terpilih untuk memvalidasi transaksi di blok, mereka akan bertaruh atau stake menggunakan ADA yang mereka miliki untuk memverifikasi semua transaksi.

Jika blockchain memverifikasi blok validator sudah benar, maka mereka akan mendapatkan insentif ADA.

2. Ouroboros

Ouroboros adalah algoritma yang menjalankan sistem Proof of Stake di jaringan Cardano. Ouroboros adalah protokol blokchain pertama yang diciptakan melalui proses riset yang telah ditinjau secara akademis.

Hal ini dibuat dengan tujuan, sebagai pengaman jaringan Cardino, memvalidasi transaksi, dan menciptakan ADA yang baru.

Cara ini dianggap sangat efisien oleh sistem PoS, karena dapat membagi bagiannya menjadi kotak-kotak yang disebut dengan epoch dan slot.

Setiap slot mempunyai pemimpin slot yang berperan sebagai verifikator yang akan membuat blok baru.

Ketika setiap slot dalam semua epoch sudah berhasil diverifikasi oleh jaringan, epoch tersebut dinyatakan selesai dan semua pemimpin slot akan memilih pemimpin slot selanjutnya.

Sistem verifikasi ini rendah emisi dan lebih ramah lingkungan karena setiap epoch membatasi berapa slot leader yang bisa memverifikasi transaksi.

Pembatasan dan pemilihan ini dilakukan secara acak menurut algoritma Ouroboros. Hal ini berbeda dengan sistem proof-of-work yang tidak membatasi jumlah miner yang ingin berkompetisi untuk memverifikasi transaksi, sehingga menghabiskan lebih banyak energi para komputasi.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan cara kerja dari mata uang Cardino. Jika kamu berminat menggunakan mata uang yang satu ini, kamu bisa melihat harga koin ADA di aplikasi Pintu.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berniat Investasi Crypto? Berikut 6 koin Crypto Terbaik 2022

  Beberapa tahun belakangan, investasi crypto berkembang dengan begitu pesat. Uang crypto kini menjadi portofolio investasi pilihan baru bagi sejumlah investor. Return mata uang crypto yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu asset investasi paling menjanjikan pada saat ini. Pengertian Crypto Crypto merupakan mata uang digital yang terenkripsi dengan logaritma canggih untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara online. Hal ini membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara sehingga lebih praktis dan aman. Cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang punya sandi rahasia yang rumit. Sandi rahasia yang digunakan bertujuan untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang ini. Karakteristik Cryptocurrency Untuk lebih mudah memahami cryptocurrency , pahami karakteristiknya berikut ini : 1.       1. Digital : crypto merupakan uang digital yang tidak memiliki wujud nyata seperti uang koin atau kertas 2

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia

Apa itu uang kripto? Uang Kripto (Cryptocurrency) adalah sejenis mata uang yang sangat populer 10 tahun terakhir ini. Terdapat banyak jenis mata uang kripto yang tesebar luas di dunia. Mata uang virtual ini semakin semakin ramai dikenal masyarakat luas, terlebih saat sumbangan kripto yang diterima Ukraina di tengah konfliknya dengan Rusia. Aset digital ini dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan teknologi tersembunyi atau rahasia. Fitur utama dari mata uang kripto yakni tidak dikeluarkan oleh otoritas mana pun, sehingga menjadikanny kebal terhadap campur tangan pemerintah. Apa itu uang kripto? Berdasarkan namanya, Criptocurrency berasal dari kata Kroptografi yang artinya rahasia dan Kurs (Currency) yang artinya mata uang. Jadi, mata uang kripto adalah aset virtual yang dilindungi oleh sandi-sandi rahasia yang cukup rumit demi menjaga dan melindungi keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan, hingga memverifikasi transfer aset.

Keunggulan dan Kelemahan Bermain Crypto

Sejak dulu, permainan saham sudah ada dan beberapa kalangan sudah bergelut didalamnya. Namun keterbatasan biaya, tidak semua bisa melakukan investasi dalam bentuk saham. Beberapa tahun belakangan ini, permainan saham kembali menjadi buah bibir. Karena penawaran yang diberikan sangat jauh berbeda dibandingkan dulu, salah satunya adalah cryptocurrency. Cryptocurrency mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena hanya dengan modal minim, calon investor sudah bisa ikut melakukan investasi dengan hasil yang cukup besar. Akan tetapi tidak sedikit pula kasus penipuan berkedok investasi saham yang bermunculan, yang membuat beberapa orang masih bimbang dalam mengambil keputusan, apakah akan melakukan investasi di Crypto atau tidak. Sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melihat keunggulan dan kelemahan bermain crypto berikut ini. Tapi sebelum dilanjut, apakah kamu sudah mengenal cryptocurrency? Jika belum, yuk disimak penjelasan singkat berikut. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang vis