Langsung ke konten utama

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia


Apa itu uang kripto?
Uang Kripto (Cryptocurrency) adalah sejenis mata uang yang sangat populer 10 tahun terakhir ini. Terdapat banyak jenis mata uang kripto yang tesebar luas di dunia.

Mata uang virtual ini semakin semakin ramai dikenal masyarakat luas, terlebih saat sumbangan kripto yang diterima Ukraina di tengah konfliknya dengan Rusia.

Aset digital ini dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan teknologi tersembunyi atau rahasia.

Fitur utama dari mata uang kripto yakni tidak dikeluarkan oleh otoritas mana pun, sehingga menjadikanny kebal terhadap campur tangan pemerintah.

Apa itu uang kripto?

Berdasarkan namanya, Criptocurrency berasal dari kata Kroptografi yang artinya rahasia dan Kurs (Currency) yang artinya mata uang.

Jadi, mata uang kripto adalah aset virtual yang dilindungi oleh sandi-sandi rahasia yang cukup rumit demi menjaga dan melindungi keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan, hingga memverifikasi transfer aset.

Sesuai pengertiannya, mata uang ini hanya bisa digunakan di dunia maya. Investasi kripto, khususnya Bitcoin yang pertama kali diperkenalkan oleh lelaki asal Jepang Satoshi Nakamoto di tahun 2009.

Pencatatan transaksi dari Cryptocurrency terpusat dalam sebuah sistem yang disebut dengan teknologi blockchain.

Hal ini semakin memperkuat statement di atas, bahwasanya mata uang ini tidak dapat dikontrol oleh otoritas setempat. Sehingga, amanat untuk mengontrol dan mengelola mata uang kripto itu sepenuhnya dipegang oleh penggunanya di Internet.

Bitcoin adalah cryptocurrency yang pertama kali dirilis. Semenjak kemunculannya, lebih dari 4000 varian alternatif bitcoin pun telah dibuat.

Berikut beberapa jenis mata uang kripto terpopuler yang memiliki nilai tukar terbesar dalam jumlah dollar AS:

  • Bitcoin (BTC)
  • Wrapped Bitcoin
  • Yearn.finance (YFI)
  • Ethereum (ETH)
  • XRP
  • Binance
  • Coin Cardano
  • Aave
  • Zcash
  • Compound
  • Litecoin
  • Solana

Lantas, bagaimana regulasi mata uang kripto di Indonesia?

Jika menilik ke beberapa tahun terakhir, mata uang kripto adalah salah satu aset digital yang sangat digembor-gemborkan di Indonesia karena harganya yang luar biasa mahal untuk per 1 digit saja.

Di Indonesia sendiri, Bank Indonesia merupakan otoritas sistem pembayaran yang menaungi dan mengatur sistem pembayaran nasional.

Dilansir dari laman resmi bi.go.id, Bank Indonesia menegaskan melarang eluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran (prinsipal, penyelenggara switching, penyelenggara kliring, penyelenggara penyelesaian akhir, penerbit, acquirer, payment gateway, penyelenggara dompet elektronik, penyelenggara transfer dana) dan penyelenggara Teknologi Finansial di Indonesia baik Bank dan Lembaga Selain Bank untuk memproses transaksi pembayaran secara virtual.

Hal itu telah di atur dalam PBI 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran dan dalam PBI 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial.

Pemerintah Indonesia telah menegaskan jika mata uang kripto tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah, namun dianggap sebagai komoditas yang dapat diperjualbelikan.

Hal itu telah dinyatakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) melalui Bapperti dan tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Demikian penjelasan tentang apa itu kripto dan bagaimana aturan yang berlaku di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berniat Investasi Crypto? Berikut 6 koin Crypto Terbaik 2022

  Beberapa tahun belakangan, investasi crypto berkembang dengan begitu pesat. Uang crypto kini menjadi portofolio investasi pilihan baru bagi sejumlah investor. Return mata uang crypto yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu asset investasi paling menjanjikan pada saat ini. Pengertian Crypto Crypto merupakan mata uang digital yang terenkripsi dengan logaritma canggih untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara online. Hal ini membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara sehingga lebih praktis dan aman. Cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang punya sandi rahasia yang rumit. Sandi rahasia yang digunakan bertujuan untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang ini. Karakteristik Cryptocurrency Untuk lebih mudah memahami cryptocurrency , pahami karakteristiknya berikut ini : 1.       1. Digital : crypto merupakan uang digital yang tidak memiliki wujud nyata seperti uang koin atau kertas 2

Wajib Tahu! Inilah Daftar Mata Uang Kripto yang Terdaftar di Bappebti

  Hai sobat blog... Siapa sih yang gak kenal sama kripto? Mata uang yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Namun baru-baru ini, kripto tengah menjadi sorotan. Apalagi ketika Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melarang penjualan token Asix milik pesohor Anang Hermansyah. Di Indonesia sendiri, perdagangan aset kripto diawasi oleh Bappebti. Dalam Peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto, terdapat 229 jenis mata uang kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Daftar mata uang kripto yang terdaftar di Bappebti 1. Bitcoin 2. Ethereum 3. Tether 4. Xrp/ripple 5. Bitcoin cash 6. Binance coin 7. Polkadot 8