Langsung ke konten utama

Belajar Investasi Crypto Untuk Pemula

Investasi crypto merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer dikalangan banyak orang saat ini, terutama para millennal berkat kecanggihan teknologi saat ini. Investasi dengan cryptocurrency dapat terlihat sangat rumit tapi sebenarnya dapat dimulai oleh siapa saja.

Pergerakan harga uang crypto ini cukup memikat sebagian masyarakat yang ingin coba-coba dalam berinvestasi. Lantas, bagaimana cara membeli uang crypto? Berikut dijelaskan cara investasi crypto.

1.     1. Cari platform

Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Bitocto Milken Jonathan mengatakan masyarakat yang tertarik bisa mulai dengan mencari platform yang memperdagangkan uang kripto secara legal dan sudah terdaftar di Bappebti ( Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Bappebti adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas Departemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri.

Platform yang memperdagangkan asset crypto dapat disebut juga sebagai bursa. Pasalnya, platform itu menjalankan fungsi sebagai bursa hingga kliring. Masyarakat yang berminat berinvestasi di asset crypto perlu mencari platform yang legal dan terpercaya.

Beberapa platform legal dan terdaftar di Bappebti, antara lain PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax), PT Triniti Investama Berkat (Bitocto), PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto), PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex), PT Indonesia Digital Exchange (Idex), PT Pintu Kemaja Saja (Pintu), dan PT Luno Indonesia LTD (Luno), Kemudian, PT Cipta Koin Digital (Koinku), PT Tiga Inti Utama (Triv), dan PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit Indonesia), dan PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku).

2.     2. Pilih aset bluechip

Dalam memulai investasi crypto, sebaiknya pilihlah aset crypto bluechip seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Blue chip dan non blue chip dapat dilihat dari kapitalisasi pasar, nilai perdagangan, likuiditas, serta seberapa banyak platform yang memperdagangkan uang crypto tersebut.

3.     3. Keamanan transaksi

Sebelum mulai bertransaksi, penting untuk terlebih dahulu mencari tahu sistem keamanan yang dimiliki oleh bursa tersebut. Apakah mereka menggunakan sistem end to encryption atau yang lainnya. Jika aplikasi trading tersebut tidak memiliki sistem keamanan yang terjamin, maka potensi akun kamu dicuri oleh akun tidak bertanggung jawab akan semakin tinggi.  Maka dari itu, carilah aplikasi trading yang sudah terjamin keamanannya.

4.     4. Deposit awal

Untuk mulai berinvestasi crypto, sebaiknya gunakan uang dingin. Uang dingin yang dimaksud adalah dana yang tidak akan dipakai dalam jangka waktu tertentu. Setelah memiliki akun di aplikasi trading, maka kamu harus menyetorkan sejumlah uang sebagai modal untuk berinvestasi crypto. Kamu dapat melakukan deposit dengan mentransfer dana melalui ban transfer maupun dompet digital.

5.     5. Riset sebelum investasi

Melakukan riset sebelum investasi merupakan poin paling penting dalam belajar investasi saham crypto. Seperti yang sudah kamu ketahui, cryptocurrency memiliki banyak tipe dan jenis-jenisnya. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli mata uang digital kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Setelah itu, kamu pelajari terlebih dahulu risiko yang mungkin terjadi saat investasi mata uang digital.

6.     6. Pahami manajemen resiko

langkah selanjutnya adalah membuat manajemen resiko. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bermain kripto bukan hanya bermain perasaan atau keberuntungan saja. Sewaktu-waktu, Sobat Pintar juga akan mengalami kerugian. Manajemen resiko ini berguna sekali untuk membuat skenario untung-rugi dalam bermain kripto.

7.     7. Banyak baca dan ikuti perkembangannya

Ketika berinvestasi, rajin membaca terkait investasu crypto merupakan hal yang wajib. Hal ini agar masyarakat paham mengenai berbagai istilah di aset crypto, tren pergerakan uang crypto dan fundamentalnya. Dalam berinvestasi di instrument apapun termasuk uang crypto, harus mengetahui perkembangan di dalam negeri dan global. Pasalnya, hal itu akan mempengaruhi pergerakan uang crypto.

Selalu ingat untuk belajar investasi saham terlebih dahulu sebelum membelinya, agar terhindar dari resiko kerugian di masa depan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berniat Investasi Crypto? Berikut 6 koin Crypto Terbaik 2022

  Beberapa tahun belakangan, investasi crypto berkembang dengan begitu pesat. Uang crypto kini menjadi portofolio investasi pilihan baru bagi sejumlah investor. Return mata uang crypto yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu asset investasi paling menjanjikan pada saat ini. Pengertian Crypto Crypto merupakan mata uang digital yang terenkripsi dengan logaritma canggih untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara online. Hal ini membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara sehingga lebih praktis dan aman. Cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang punya sandi rahasia yang rumit. Sandi rahasia yang digunakan bertujuan untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang ini. Karakteristik Cryptocurrency Untuk lebih mudah memahami cryptocurrency , pahami karakteristiknya berikut ini : 1.       1. Digital : crypto merupakan uang digital yang tidak memiliki wujud nyata seperti uang koin atau kertas 2

Apa itu Uang Kripto? Ini Penjelasan dan Aturannya di Indonesia

Apa itu uang kripto? Uang Kripto (Cryptocurrency) adalah sejenis mata uang yang sangat populer 10 tahun terakhir ini. Terdapat banyak jenis mata uang kripto yang tesebar luas di dunia. Mata uang virtual ini semakin semakin ramai dikenal masyarakat luas, terlebih saat sumbangan kripto yang diterima Ukraina di tengah konfliknya dengan Rusia. Aset digital ini dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan teknologi tersembunyi atau rahasia. Fitur utama dari mata uang kripto yakni tidak dikeluarkan oleh otoritas mana pun, sehingga menjadikanny kebal terhadap campur tangan pemerintah. Apa itu uang kripto? Berdasarkan namanya, Criptocurrency berasal dari kata Kroptografi yang artinya rahasia dan Kurs (Currency) yang artinya mata uang. Jadi, mata uang kripto adalah aset virtual yang dilindungi oleh sandi-sandi rahasia yang cukup rumit demi menjaga dan melindungi keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan, hingga memverifikasi transfer aset.

Keunggulan dan Kelemahan Bermain Crypto

Sejak dulu, permainan saham sudah ada dan beberapa kalangan sudah bergelut didalamnya. Namun keterbatasan biaya, tidak semua bisa melakukan investasi dalam bentuk saham. Beberapa tahun belakangan ini, permainan saham kembali menjadi buah bibir. Karena penawaran yang diberikan sangat jauh berbeda dibandingkan dulu, salah satunya adalah cryptocurrency. Cryptocurrency mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena hanya dengan modal minim, calon investor sudah bisa ikut melakukan investasi dengan hasil yang cukup besar. Akan tetapi tidak sedikit pula kasus penipuan berkedok investasi saham yang bermunculan, yang membuat beberapa orang masih bimbang dalam mengambil keputusan, apakah akan melakukan investasi di Crypto atau tidak. Sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melihat keunggulan dan kelemahan bermain crypto berikut ini. Tapi sebelum dilanjut, apakah kamu sudah mengenal cryptocurrency? Jika belum, yuk disimak penjelasan singkat berikut. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang vis